Jumat, 19 Agustus 2011

Destinasi Wisata Alam Kabupaten Pinrang


Permandian Air Panas Sulili
Permandian ini terletak di kelurahan Mamminasae, Kecamatan Paleteang (Jaraknya ± 7 Km arah Timur Kota Pinrang), waktu tempuh perjalanan ± 10 menit melewati jalan darat yang beraspal mulus. Fasilitas yang dimiliki tempat ini adalah pemondokan (tempat peristirahatan) serta kolam mandi. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, selain untuk berekreasi kandungan belerang dari sumber air panas ini juga dipercaya dapat  mengobati berbagai penyakit kulit dan reumatik.

Pantai Ujung Tape
Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di desa Langnga Kecamatan Mattiro Sompe ± 25 km arah barat kota Pinrang. Untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu perjalanan ± 20 menit melalui jalan darat dan beraspal. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri karena  kita dapat menikmati semilir angin pantai yang sejuk dan panorama pantai yang asri. Pantai Ujung Tape ramai dikunjungi masyarakat utamanya pada hari libur dan hari raya.

Permandian Air Panas Lemosusu
Objek wisata pemandian alam ini telah dibangun sejak 1990-an. Jaraknya dari ibukota Kabupaten Pinrang sekira 60 kilometer. Tempatnya mudah dijangkau. Satu-satunya akses menuju Lemo Susu juga menjadi jalan utama menuju Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bakaru.

Udaranya sejuk, sehingga cocok bagi wisatawan yang menginginkan suasana pedesaan dengan udara segar serta jauh dari polusi dan kebisingan. Pepohonan yang rindang, bunga-bunga cantik bertebaran di sekitar area permandian, menambah apik suasana. Bahkan di area kolam, selain menikmati sensasi mandi air panas, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan deretan gunung yang nampak menyatu dengan biru langit dan gulungan awan putih.

Di tempat ini, pengelola juga menyiapkan kolam mini untuk anak-anak dengan tiga perosotan sepanjang enam meter. Anak-anak bisa memanfaatkannya untuk meluncur ke kolam mini.  Di sudut kolam, anak-anak juga dapat menikmati sensasi bermandi di bawah air mancur mini yang semakin mempercantik kolam. Suhu air di kolam mini dirancang tidak terlalu panas dan agak dangkal. Maklum, kolam diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak atau yang belum bisa berenang.

Air Terjun Karawa
Selain permandian Air panas Lemosusu, di Kec. Lembang juga terdapat beberapa objek wisata lainnya dan salah satunya adalah air terjun Karawa.  Kawasan air terjun Karawa dengan ketinggian 60 meter ini di bawahnya terdapat kolam-kolam alami dan bebatuan untuk beristirahat Dari kolam alami ini, air mengalir melalui batu-batu gunung dan menciptakan air terjun kecil sehingga seolah bersusun-susun.

Air Terjun Kalijodoh
Air Terjun Kalijodoh masih terletak di Kecamatan Lembang, kelurahan Betteng sekitar 50 km dari kota Pinrang. Air terjun ini Berada di kawasan seluas 2 hektar dan mempunyai empat sumber air. Panorama alam pegunungannya membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman sehingga menjadi tempat memadu kasih dan diyakini mereka yang datang berpasangan bisa berjodoh. Tak heran bila hari libur banyak dikunjungi wisatawan lokal setempat.

Bendungan Benteng
Bendungan Benteng adalah salah satu peninggalan Kolonial Belanda. Bendungan ini dibangun pada tahun 1939, di mana pada awalnya hanya sebuah survey pada induk bendungan Benteng oleh Ir. Frama tahun 1927. Bendungan ini mulai dikerjakan pada tahun 1936 dibawah Pimpinan IR.H.M Verway. Bendungan Benteng yang dibangun dalam masa pemerintahan kolonial Belanda tersebut, sampai sekarang masih berfungsi. Bahkan masih merupakan bendungan andalan untuk mengairi persawahan sampai seluas lebih 60.000 ha, meliputi persawahan sekitar 27.000 ha di Kabupaten Pinrang, dan sekitar 40.000 ha di daerah tetangganya, yaitu Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap)Bendungan Benteng terletak di kecamatan Patampanua, ± 20 km arah utara kota Pinrang. Memerlukan perjalanan ± 20 menit melalui jalan darat.

Rumah Makan Terapung Malimpung
Letaknya di Malimpung, Kecamatan Patampanua, sekitar 20 km arah timur kota Pinrang. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, terutama pada siang hari untuk bersantai sabil meikmati makanan dan udara sejuk serta memancing ikan yang ada didanau.

Waduk PLTA Bakaru
Pembangkit Listrik Tenaga Air Bakaru dibangun dengan membendungan Sungai Mamasa yang merupakan hulu Sungai dari Sungai Sadang sehingga terbentuklah sebuah waduk yang luas dan memiliki panorama yang cukup eksotis dan masih sangat asri.

Diresmikan pada tahun 1991, PLTA Bakaru yang berlokasi di Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang ini merupakan jenis PLTA run off river yang terdiri atas 2 (dua) unit Turbin air tipe Francis dan memanfaatkan aliran Sungai Mamasa dengan elevasi 615,50 m dpl.

PLTA Bakaru adalah salah satu pembangkit besar di Sistem Kelistrikan Sulawesi Selatan. Dengan daya mampu 126 MW, PLTA Bakaru mampu memasok 30% kebutuhan listrik di Sulawesi Selatan.

Pantai Waetuoe
Waetuoe dalam bahasa bugis yang bila diartikan ke bahasa Indonesia adalah Air kehidupan. Pantai Waetuoe berada di desa waetuoe yang dulunya masuk di daerah Jampue kecematan Lanrisang kabupaten Pinrang.

Melihat dari sejarahnya konon muncul air tawar di deket pantai dan hingga sekarang dijadikan wisata pemandian alam didesa ini. Pemandangan pantainya pun tak kalah indah dengan berbagai sarana sederhana menambah keaslian pantai masih terjaga.

Pulau Kamarrang
Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di kecamatan Suppa (± 30 Km arah selatan kota Pinrang).Pulau Kamarrang adalah wilayah Kabupaten Pinrang yang berhadapan dengan kota Parepare, sehingga bila kita mau menyeberang ke pulau ini lebih dekat bila anda lewat Pelabuhan Parepare naik perahu tradisional dan hanya memerlukan waktu ± 15 menit.

Pulau Kamarrang kaya akan ekosistem laut diantaranya ekosisitem mangrove, terumbu karang dan ekosistem padang lamun. Selain biodiversity pulau kamarrang juga menyediakan tempat penginapan yang memanjakan pengunjung untuk melihat gemerlap malam kota pare-pare dari arah laut.

Sumber : google.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More